Article Detail
Podcast: Strategi Kreatif Belajar dari Rumah di Masa Pandemi
Podcast: Strategi Kreatif Belajar dari Rumah di Masa Pandemi
Narasumber podcast, seorang ibu & anak, yaitu Ibu Dokter Wiwin Hendriani S.P.S.I.M.S.I dan Ananda Ayunda Damai memberikan pencerahannya melalui podcast yang bertema ‘Strategi Kreatif Belajar dari Rumah di Masa Pandemi’ secara online, via zoom.
Jumat (30/07/21), dilaksanakan sebuah podcast yang diadakan dalam rangka kegiatan Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreativitas Siswa secara online (via zoom) di tempat keberadaan masing-masing. Sesuai dengan tema dan rangka kegiatan, para narasumber menjelaskan bagaimana strategi yang kreatif dan tepat selama pembelajaran jarak jauh. Melalui pengalaman dan pengetahuan yg dipahami oleh Ibu Dokter Wiwin Hendriani S.P.S.I.M.S.I dan Ananda Ayunda Damai, mereka membagikan cerita mereka sebagai pandangan bagaimana para siswa agar bisa berkembang walaupun dimasa pandemic seperti ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak artikel ini dari awal hingga akhir.
“Untuk menjadi peserta didik tingkat SMP yang bisa mendapatkan prestasi yg ternilai bagus, apa sih yang harus dilakukan?” pertanyaan ini sering sekali selalu muncul dibenak seorang peserta didik terutama seorang peserta didik tingkat SMP yang bingung akan bagaimana sistem belajar yang tepat untuk dirinya. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Ananda Ayunda Damai, beliau mengatakan bahwa beliau sendiri memegang 1 hal yang menjadi dorongannya untuk berprestasi yaitu mencari tujuan untuk belajar. 1 hal itu baik untuk dijadikan kebiasaan merefleksikan diri, bertanya kepada diri sendiri seperti; “10-20 tahun kedepan aku mau jadi apa sih?”. Pertanyaan itu mungkin bisa berubah ubah seiringnya waktu, tetapi inti dari hal ini adalah untuk selalu belajar memahami diri sendiri. Dengan dilakukannya itu, maka diri sendiri dapat menjadi motivasi diri untuk belajar dan mengikuti lomba atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dimana bisa mengasah potensi dalam bakat diri.
Terkadang beberapa peserta didik juga ingin tahu bagaimana esensi dari proses belajar yang baik dan benar. Ditambah lagi dengan konsepnya yang sering dipelesetkan yang membuat peserta didik bingung dengan konsep merdeka belajar yang sesungguhnya. Kebingungan peserta didik yang satu ini sudah terjawab oleh Ibu Dokter Wiwin Hendriani menurut sisi pandangnya. “seringkali kata merdeka belajar ini di pelesetkan ya, di pelesetkannyapun tergantung mood pemeleset” kata beliau sambil tertawa. “Membahas tentang merdeka belajar itu kan kemerdekaan untuk merayakan proses belajar itu sendiri. Kalau dari saya, apasih merdeka belajar itu? merdeka belajar itu adalah melatih dan mengetahui kemampuan diri, kapasitas diri. Sehingga saya sekeluarga meyakini kalau kami membahas tentang belajar, maka belajar tersebut adalah tentang berbagai macam hal. merayakan kegembiraann, semangat untuk menguasai materi akademik disekolah, dan juga belajar meningkatkan kapasitas diri diluar aktifitas sekolah. Ringkasnya begitu” jelas Ibu Dokter Wiwin Hendriani.
Tak usai sampai situ saja, pembahasan terus berlanjut tentang bagaimana konteks perkembangan ideal yang perlu ditekankan oleh anak anak didik pada jenjang pendidikkan SMP. Ibu Dokter Wiwin Hendriani pun menjelaskan dari sudut pandang psikologi perkembangan. Masa masa SMP merupakan tahapan remaja awal yg dimana mulai beralih dari masa anak menuju ke fase mandiri. Dimana di fase ini seorang remaja awal mulai dapat berpikir operasional. Ini adalah masa yang urgent untuk bisa mengoptimalkan potensi-potensinya. Sehingga yang seharusnya dipikirkan adalah bagaimana cara bisa memperhatikan betul agar menjadi selektif, kritis. Seperti misal ada trend baru, selektif lah dalam memilih. Apakah trend ini bisa diikuti, apakah bisa di contoh. Di titik usia inilah saatnya mereka untuk belajar dan tahu.
Dan seperti yang kita tahu, terkadang pandemi ini membuat orang orang mengangkat opini bahwa ini adalah suatu penghalang bagi kita belajar. Salah satu hal yang sering para peserta didik katakan adalah menghambat dalam berkarya sehingga tidak melahirkan kekreatifan dalam diri. Namun sebenarnya, salah satu hal yang bisa meningkatkan kekreatifan diri adalah belajar dari masalah yang pernah didapat selama beradaptasi dari belajar dimasa pandemi. Pernyataan ini diperjelas di podcast kali ini, oleh Ayunda Damai. Hal utama dari solusi struggle seperti ini adalah kreatif mengatur waktu. Jika sekolah offline semua sudah terjadwal dari sekolah dan dapat berpindah ruangan, namun saat dirumah yang dimana semua dikerjakan di suatu tempat yang sama dan terjadi secara monoton. Ini bisa membuat stress peserta didik. Sehingga perlu membuat perubahan yang lebih kreatif, yaitu kreatif mengatur waktu yang dimana dapat merubah cara belajar dan minat belajar menjadi lebih menyenangkan. Inilah yang disebut strategi kreatif dalam belajar. Chl
-
there are no comments yet