Article Detail

Pendampingan PjBL Bahasa Indonesia dan Matematika Kelas 7

          Acara pendampingan PJBL pada hari Kamis tanggal 26 Agustus 2021 dimulai pukul 11.38 WIB dan diikuti oleh 80 peserta termasuk 2 orang guru pendamping. Kegiatan tersebut diawali dengan doa yang dipimpin oleh Silvester Abel dari kelas 7C karena Melvino dari kelas 7C yang sebelumnya telah diberi tugas, menghilang saat dipanggil namanya. Kegiatan tersebut dipandu oleh bu Ningsih yang memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada bu Titik untuk memberikan penjelasan.

          Bu Titik mengawali penjelasannya dengan bantuan proposal yang ditampilkan oleh bu Ningsih pada layar. Dalam penjelasannya, bu Titik memberikan contoh mengenai perbandingan dan penggunaan satuan yang sama. Hal ini berhubungan dengan materi PJBL untuk bidang studi matematika. Beliau juga menambahkan akan memberikan nilai tambahan jika kami memberikan lebih dari 1 perbandingan. Setelah bu Titik menjelaskan materi PJBL, beliau memberikan kesempatan bagi peserta yang mau bertanya. Pada kesempatan pertama ini, Vita menanyakan bentuk laporan produk tersebut dibuat dalam bentuk video atau poster. Dan bu Titik menanggapi dengan menjawab agar produk tersebut dibuat dalam bentuk video.

          Setelah itu acara dilanjutkan dengan penjelasan dari bu Ningsih selaku guru bidang studi Bahasa Indonesia. Bu Ningsih memberikan penjelasan mengenai teks prosedur dan memberikan contoh langsung dengan memutarkan video. Video yang diputar adalah video cara pembuatan ayam teriyaki. Kita diharapkan mendapatkan ide mengenai pembuatan teks prosedur setelah melihat video tersebut. Kyle menggunakan kesempatan ini untuk menanyakan kembali mengenai teks prosedur dan bu Ningsih menanggapi dengan memberikan penjelasan sekali lagi. Jolin juga menggunakan kesempatan ini untuk menanyakan mengenai pembuatan video dengan menggunakan 3 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa) dalam 1 video atau pembuatan lebih dari 1 video dengan menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Bu Ningsih menanggapi dengan mengingatkan kembali mengenai apa saja yang telah dijelaskan dan diminta oleh masing-masing guru bidang studi. Setelah itu, bu Ningsih melanjutkan acara dengan menanyakan mengenai buah dan cara pengawetan yang dipilih oleh masing-masing kelompok. Berikut data yang disampaikan :

Kelas

Kelompok

Buah yang dipilih

Teknik pengawetan

7A

1

Nanas

Manisan

7A

2

Mangga

Selai

7A

3

Nanas

Asinan

7A

4

Salak

Asinan

7A

5

Pepaya

manisan

7A

6

Stroberi

Selai

7B

1

Singkong

Keripik

7B

2

Pepaya

Keripik

7B

3

Mangga

Selai

7B

4

Jahe

Sirup

7B

5

Cermai

Manisan kering

7B

6

Tempe

Kering tempe

7C

1

Naga merah

Selai

7C

2

Stroberi

Sirup

7C

3

Apel merah

Manisan

7C

4

Sawi

Kimchi

7C

5

Apel

Manisan

7C

6

Kentang

Keripik

 

Berdasarkan informasi tersebut, bu Ningsih memberikan sedikit masukkan agar jenis buahnya dicantumkan dengan jelas, misalnya apel hijau malang, atau apel lainnya. Selanjutnya bu Ningsih dan bu Titik memberikan kesempatan lagi untuk bertanya sebelum acara ditutup. Kesempatan tersebut dipergunakan Jolin untuk menanyakan kepada bu Titik mengenai perlu tidaknya melakukan praktek jika menggunakan perbandingan yang berbeda. Menanggapi pertanyaan tersebut, bu Titik menjawab ya.

          Setelah tidak ada lagi pertanyaan dari para peserta, kegiatan pendampingan PJBL diakhiri dengan doa. Doa penutup dibawakan oleh Ben dari kelas 7A. Dengan ini, kegiatan pendampingan PJBL hari ini berakhir pada pukul 12.19 WIB. Michael Guiseppe

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment