Article Detail
Kiat Mudah Implementasi Pembelajaran Berbasis AKM
Sabtu 28 Agustus 2021 pukul 08.30 WIB melalui zoom meeting Kupuku mengadakan workshop dengan tema Paradigma Baru Penilaian Hasil Belajar (AN-AKM) ”Part II: Kiat Mudah Implementasi Pembelajaran Berbasis AKM" dengan 500 participan dan peserta lainnya mengikuti melalui youtube live streaming. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari sesi 1 yang membahas apa itu assessment dan menganalisis soal AKM (sudah memahami level soal AKM), pada sesi 2 ini peserta webinar diajak untuk belajar menyusun soal AKM, dan belajar penskoran soal AKM.
Setelah peserta paham level soal AKM , selanjutnya dikenalkan dengan penskoran soal. Untuk penskoran soal tidak melihat bentuk soal melainkan melihat level soalnya.
Missal: Level 1 bobot 20
Level 2 bobot 30
Level 3 bobot 50
Atau dikembalikan lagi pada kebijakan guru atau sekolah.
Langkah-Langkah Penyusunan Soal AKM
1. Menelaah/menganalisis KD
Menelaah atau menganalisis KD yang akan dibuat soal.
2. Menyusun kisi-kisi
Memandu guru dalam: (a) memilih KD, (b) memilih materi pokok yang terkait dengan KD
yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level kognitif.
Memahami dan menguasai jenis level Kognitif (Pemahaman, Aplikasi, Penalaran)
3. Menentukan Stimulus yang menarik & Kontekstual
Menarik: mendorong siswa untuk membaca stimulus, Stimulus yang menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh siswa.
Kontekstual: sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari dari lingkungan sekolah atau daerah setempat.
4. Menulis Butir Soal
Kaidah penulisan Butir Soal: materi, Konstruksi, dan Bahasa.
Proses Kognitif: Level 1, Level 2, Level 3
5. Membuat Pedoman Penskoran (rubrik) atau Kunci Jawaban
Pedoman penskoran untuk bentuk Non-objektif soal uraian.
Kunci jawaban untuk bentuk PG, PG kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.
Dari webinar ini dapat disimpulkan bahwa budaya literasi sangat menunjang dalam kegiatan AN. Karena lemahnya literasi baik anak dan guru menjadikan soal AN dinilai sulit. Padahal kalau sudah memahami stimulus soal, level soal sesuai dengan IPK maka AN akan bisa terlaksana dengan baik. Harus ada perubahan dalam metode belajar siswa, dengan budaya literasi yang ditingkatkan. Webinar ini berakhir pukul 12.00WIB. Ning
-
there are no comments yet