Article Detail

Kiat Mudah Implementasi Pembelajaran Berbasis AKM

Sabtu 28 Agustus 2021 pukul 08.30 WIB melalui zoom meeting Kupuku mengadakan workshop dengan tema Paradigma Baru Penilaian Hasil Belajar (AN-AKM) ”Part II: Kiat Mudah Implementasi Pembelajaran Berbasis AKM" dengan 500 participan dan peserta lainnya mengikuti melalui youtube live streaming. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari sesi 1 yang membahas apa itu assessment dan menganalisis soal AKM (sudah memahami level soal AKM), pada sesi 2 ini peserta webinar diajak untuk belajar menyusun soal AKM, dan belajar penskoran soal AKM. 

Setelah peserta paham level soal AKM , selanjutnya dikenalkan dengan penskoran soal. Untuk penskoran soal tidak melihat bentuk soal melainkan melihat level soalnya. 

Missal: Level 1 bobot 20

               Level 2 bobot 30

               Level 3 bobot 50

Atau dikembalikan lagi pada kebijakan guru atau sekolah.

Langkah-Langkah Penyusunan Soal AKM

1. Menelaah/menganalisis KD

  Menelaah atau menganalisis KD yang akan dibuat soal.

2. Menyusun kisi-kisi

Memandu guru dalam: (a) memilih KD, (b) memilih materi pokok yang terkait dengan KD

yang akan diuji, (c) merumuskan indikator soal, dan (d) menentukan level kognitif.

Memahami dan menguasai jenis level Kognitif (Pemahaman, Aplikasi, Penalaran)

3. Menentukan Stimulus yang menarik & Kontekstual

Menarik: mendorong siswa untuk membaca stimulus, Stimulus yang menarik  umumnya baru, belum pernah dibaca oleh siswa.

Kontekstual: sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari dari lingkungan  sekolah atau daerah setempat.

4. Menulis Butir Soal

Kaidah penulisan Butir Soal: materi, Konstruksi, dan Bahasa.

Proses Kognitif: Level 1, Level 2, Level 3

5. Membuat Pedoman Penskoran (rubrik) atau Kunci Jawaban

Pedoman penskoran untuk bentuk Non-objektif soal uraian.

Kunci jawaban untuk bentuk PG, PG kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.

Dari webinar ini dapat disimpulkan bahwa budaya literasi sangat menunjang dalam kegiatan AN. Karena lemahnya literasi baik anak dan guru menjadikan soal AN dinilai sulit. Padahal kalau sudah memahami stimulus soal, level soal sesuai dengan IPK maka AN akan bisa terlaksana dengan baik. Harus ada perubahan dalam metode belajar siswa, dengan budaya literasi yang ditingkatkan. Webinar ini berakhir pukul 12.00WIB. Ning

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment