Article Detail
Pendidikan Karakter Tarakanita
Seperti juga sekolah-sekolah swasta lain di kota Surabaya, SMP Santo Yosef Surabaya menerimakan Raport Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2015-2016 yang dilaksanakan pada Jumat, 10 Juni 2016.
Ada yang berbeda dengan Raport di SMP Santo Yosef dibandingkan dengan Raport sekolah lain yang disampaikan kepada orangtua sebagai laporan hasil belajar siswa selama satu tahun. Selain Raport yang menyampaikan nilai akademik yang dicapai siswa, adapula Raport Pendidikan karakter Tarakanita yang menyampaikan nilai dari aspek karakter ke-Tarakanita-an.
Ciri khas sekolah Tarakanita salah satunya terletak pada tingginya pendidikan karakter siswa yang diharapkan dapat membekali siswa di masa yang akan datang untuk menjadi pribadi yang menyadari akan kebaikan Tuhan dalam hidup yang penuh syukur, hidup mandiri dan berguna bagi diri sendiri, lingkungan sekitar, dan hidup yang berkenan kepada Allah .Menjadi pribadi yang tangguh, berani melakukan sesuatu yang benar meskipun berbeda dengan orang lain dalam lingkungannya.
Pendidikan Karakter Tarakanita terdiri dari Cc5 Plus (COMPASSION: Celebration, Competence, Conviction, Creativity, dan Community serta Kejujuran, Kedisiplinan, Keadilan, Perdamaian, Keutuhan Ciptaan. Masing – masing memiliki makna COMPASSION digerakkan oleh kasih Allah yang berbelarasa terhadap manusia, terutama mereka yang miskin, tersisih dan menderita. Celebration: mengandalkan diri sepenuhnya pada penyelenggaraan Allah, mensyukuri hidup sebagai anugerah, dan siap sedia dalam pelayanan. Competence: berkomitmen untuk selalu menghargai dan memperjuangkan kehidupan dalam terang pembelajaran dan penguasaan ilmu pengetahuan. Conviction: berani, tangguh, dan berdaya juang menghadapi tantangan hidup serta terbuka menanggapi tanda-tanda zaman. Creativity: memiliki kemampuan untuk menemukan hal-hal baru dan mengembangkan keinginan untuk terus maju. Community: rela berbagi hidup dan membangun persaudaraan sejati.
Maka Raport Pendidikan Karakter Tarakanita secara rinci menyampaikan hasil dari penilaian sikap-sikap tersebut dimana penilaian dilakukan dengan cara memadukan hasil penilaian orangtua dan guru. Salah satu tujuan dari Pendidikan Karakter Tarakanita adalah menyamakan atau menyeragamkan cara mendampingi siswa di rumah dan di sekolah. Orangtua dan guru haruslah satu kata dalam mendidik siswa di rumah dan di sekolah. Adalah tugas orang dewasa, yaitu guru dan orangtua juga lingkungan untuk memanusiakan manusia muda, menjadikan peserta didik menjadi manusia yang utuh dan mandiri. (Isti)
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment