Article Detail

Goal .... Goal Challenge....

“ Ayo.... ayo .... cepat .. cepat  kita bisa menang .....”
Merupakan salah satu game dimana peserta dibagi menjadi  3 kelompok dan masing masing  terdiri dari 12 anak yang berdiri , berhitung dari depan ke belakang  1 – 12 ) dimana di depan kelompok di letakkan kotak dan  anak yang berdiri terdepan atau nomor 1 membawa bola , salah satu pembina menjadi pemberi aba aba sekaligus sebagai juri.

Cara bermain : Bola yang dipegang  anak terdepan  , apabila ada aba aba bola dioper ke nomor 6 , maka anak yang membawa bola berlari kearah nomor 6 dan memberikan bola yang dipeganggnya , apabila juri mengatakan  bola dioper ke nomor  12 , maka anak yang membawa bola berlari kearah nomor 12 dan memberikan bola yang dipeganggnya begitu seterusnya permainan saling memberikan bola , namun apabila juri mengatakan bola ditendang maka anak yangmemegang bola terakhir berlari secepatnya ke depan untuk memasukkan bola ke kotak yang tersedia , anak yang paling cepat memasukkan bola dianggap memenangkan permainan dan diberi nilai 1 , permainan diulang , dimulai dengan anak nomor 1 kembali memegang bola dan juri memberi aba aba lagi untuk memulai permainan seperti di atas , setiap juri mengatakan bola ditendang maka anak  anak yangmemegang bola terakhir berlari secepatnya ke depan untuk memasukkan bola ke kotak yang tersedia , anak yang paling cepat memasukkan bola dianggap memenangkan permainan dan diberi nilai 1 , permainan ini dilakukan selama +  10 menit .

Goal .... Goal Challenge.... salah satu kegiatan yang dilakukan 36 siswa siswi SMP Santo Yosef terpilih untuk  mengikuti LDKS ( Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ) di Wahana Ekologi  - Lawang dari tanggal  6 – 7 Oktober 2017 , dengan tema “ Being A Shining Leader “ dengan pendampingan dari Kak Ambrosius Bata & Tim , Ibu bapak Guru serta pengurus OSIS kelas 9

Goal .... Goal Challenge.... digunakan untuk menjelaskan tentang  Kepemimpinan  dengan goal / tujuan yang ingin dicapai saat melakukan pemaknaan permainan :

  1. Diberi bola : Sebagai anggota OSIS diberi tanggung jawab sesuai dengan masa jabatannya
  2. Dipanggil : Sebagai anggota OSIS diharapkan berdasarkan “ Panggilan “ bukan suatu “keterpaksaan “
  3. Saat permainan anak dapat berlari atau berjalan : sebagai anggota OSIS seringkali melakukan pilihan pilihan untuk mencapai tujuan .
  4. Ada anak yang nomornya sering disebut : Kadangkala ada seorang anak yang sering dipilih untuk melakukan tugas kt menjalankan tugas seringkali mengalami kepapaian
  5. Permainan dilakukan berkelompok dan harus kerjasama : demikian pula sebagai pengurus OSIS dalam melaksanakan kegiatan diharapkan mengedepankan kerjasama sehingga hasilnya dapat maksimal
  6. Kelompok yang dapat memasukkan bola tercepat akan bersorak : Pengurus OSIS merasa senang apabila dapat menyelesaikan programnya

Selain materi kepemimpinan yang di berikan melalui permainan Goal .... Goal Challenge diberikan materi lainnya seperti :

  1. Attitude

      2. Awarenes

      3. SHINE  : (Serve ,Honorable , Interdependent ,Nurture ,Endurance )

Dengan harapan setelah mendapat materi tersebut di atas Siswa siswi yang terpilih menjadi pengurus OSIS periode 2017 – 2018 dapat membuat dan menjalankan program dengan baik dan nantinya juga dapat menjadi pemimpin dimasa depan yang dapat diandalkan ....
( Wenceslaus . A )
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment