Article Detail

Merenda PjBL Kelas 7 Dalam Aura Conviction

 Surabaya-Kurang lebih baru tiga minggu saja peserta didik kelas 7 berada di SMP Santo Yosef. Peserta didik kelas 7 sudah melakukan berbagai aktivitas akademis. Sambil mengenal para Pendidik teman-teman kelas 7 akan melakukan Project yang sangat menarik, penuh kreatifitas dan pengembangan daya-daya imaginative. Apa sih PjBL itu? PjBL adalah singkatan dari Project Based Learning atau Pembelajaran yang menggunakan pendekatan Berbasis Proyek/Masalah. Sistem pembelajaran ini sudah dilakukan sejak Tahun Pelajaran 2020/2021 dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan kelas 8 saat itu. PjBL yang telah dilakukan sangat menarik, hampir semua peserta didik ikut ambil bagian didalamnya dan telah menghasilkan karya baru yang sangat luar biasa.

Tahun pelajaran 2021/2022 ini, SMP Santo Yosef kembali merencanakan PjBL di kelas 7 dengan mengangkat sebuah karya penelitian ilmiah sederhana yang mendorong siswa memiliki semangat daya juang (conviction) tinggi dengan berkolaborasi dengan teman-teman dalam satu kelompok. Masa pandemic ini peserta didik menggunakan media social sebagai sarana pertemuan yang intensif dan pertemuan akademis diluar pembelajaran regular. Rancangan ini sedang didesain/proses finishing oleh Tim PjBL Guru yaitu Ibu Sriningsih Dwi Setyorini, S.Pd. dan Ibu Lusia Herni Widiyastutik, S.Si.

Desain PjBL menggunakan Kompetensi dasar dari kurikulum yang digunakan dengan modifikasi indikator pembelajaran serta indikator penilaian yang telah dibuat oleh staf pendidik, pengampu beberapa mata pelajaran diantaranya Mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama, Matematika, PPKN, IPS, IPA, Seni Budaya, PJOK, dan lain-lain.

Aura Daya Juang (Conviction) berupa berpikir kritis, analitis, bekerja dalam tim, keinginan menemukan sesuatu, menjadi dasar semangat yang dibangun oleh SMP Santo Yosef Surabaya dengan memaksimalkan segala yang ada dimasa Pandemic ini. Tetap bermutu dimasa kebiasaan baru. (MIU)

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment