Article Detail
Koordinasi PJBL “Consta”
Koordinasi PJBL “Consta”
Project Based Learning atau
disingkat PjBL adalah suatu bentuk kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan
dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok kecil. Salah satu tujuan dari
kegiatan PjBL adalah untuk melatih siswa berpikir kritis. Melalui kegiatan PjBL,
siswa diajarkan untuk fokus mencari penyelesaian masalah, bukan pada
permasalahan tersebut. Melalui kegiatan PjBL ini pula, siswa diharapkan mampu
membangun kerja sama yang baik dengan siswa lain dalam mengerjakan proyek yang
diberikan oleh guru.
Selasa, 7 September 2021 siswa
kelas 9A mengikuti koordinasi PjBL bersama wali kelas melalui zoom.
Kegiatan koordinasi PjBL dimulai pukul 07.30 dengan mengabsen kehadiran siswa
dan dilanjutkan dengan doa. Selanjutnya, koordinator tiap kelompok menyampaikan
laporan progres pada masing-masing kelompok. Dimulai dari kelompok 6, 5, 4,
hingga kelompok 1. Laporan dari masing-masing koordinator sangat beragam. Ada
yang sudah menjawab driving questions, melanjutkan poster, bahkan
menyelesaikan skrip podcast.
Kemudian dilakukan diskusi tiap
kelompok di breakout room masing-masing. Dalam diskusi ini, tiap kelompok
melaksanakan rancangan kegiatan yang sudah direncanaka pada hari sebelumnya.
Semua kelompok tentunya sangat antusias berdiskusi satu sama lain, sebab
kegiatan PjBL ini mengusung tema yang menarik, yaitu Dampak Pandemi pada
Kehidupan Manusia. Adapun produk yang diminta dalam PjBL, yaitu poster dan
podcast yang berlandaskan driving questions yang sudah diberikan.
Satu jam sudah berlalu. Rupanya,
waktu untuk berdiskusi masing-masing kelompok sudah habis. Sekarang, saatnya
tiap kelompok menyampaikan perkembangan dan rencana diskusi untuk besok. Usai
semua kelompok menyampaikan perkembangannya, kelas mulai aktif.
Siswa membicarakan aplikasi yang
dapat membantu dalam pembuatan podcast dan poster. Memang, dalam membuat
podcast tentu tidak mudah. Karena selain harus menyiapkan naskah, juga harus
diikuti skill berbicara dan diperlukan latihan yang tekun. Permasalahan
utamanya, yaitu mengenai aplikasi. Di masa pandemi, mengutamakan kita untuk
mampu beradaptasi di kehidupan baru dan mengikuti perkembangan teknologi. Ini
juga merupakan salah satu tujuan dilaksanakannya PjBL, yakni untuk membuat
siswa mengeksplor hal yang lebih dibandingkan hanya membaca buku, menghafal,
maupun berhitung. Penerapan.
Koordinasi PjBL di kelas 9A hari
ini berlalu dengan baik. Adanya komunikasi dalam kelas membuat hubungan di
Consta (Community of Nine A, sebutan untuk warga kelas 9A) semakin erat,
meskipun didalamnya terdapat beberapa kelompok-kelompok kecil untuk PjBL.
Semoga kegiatan PjBL ini mampu mengambangkan kepribadian siswa, tidak hanya
pada bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi, namun juga karakter dan
diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Semangat Consta! (Birgitta/9A)
-
there are no comments yet
