Article Detail


Koordinasi PJBL “Consta”

Koordinasi PJBL “Consta”

 

Project Based Learning atau disingkat PjBL adalah suatu bentuk kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok kecil. Salah satu tujuan dari kegiatan PjBL adalah untuk melatih siswa berpikir kritis. Melalui kegiatan PjBL, siswa diajarkan untuk fokus mencari penyelesaian masalah, bukan pada permasalahan tersebut. Melalui kegiatan PjBL ini pula, siswa diharapkan mampu membangun kerja sama yang baik dengan siswa lain dalam mengerjakan proyek yang diberikan oleh guru.

Selasa, 7 September 2021 siswa kelas 9A mengikuti koordinasi PjBL bersama wali kelas melalui zoom. Kegiatan koordinasi PjBL dimulai pukul 07.30 dengan mengabsen kehadiran siswa dan dilanjutkan dengan doa. Selanjutnya, koordinator tiap kelompok menyampaikan laporan progres pada masing-masing kelompok. Dimulai dari kelompok 6, 5, 4, hingga kelompok 1. Laporan dari masing-masing koordinator sangat beragam. Ada yang sudah menjawab driving questions, melanjutkan poster, bahkan menyelesaikan skrip podcast.

Kemudian dilakukan diskusi tiap kelompok di breakout room masing-masing. Dalam diskusi ini, tiap kelompok melaksanakan rancangan kegiatan yang sudah direncanaka pada hari sebelumnya. Semua kelompok tentunya sangat antusias berdiskusi satu sama lain, sebab kegiatan PjBL ini mengusung tema yang menarik, yaitu Dampak Pandemi pada Kehidupan Manusia. Adapun produk yang diminta dalam PjBL, yaitu poster dan podcast yang berlandaskan driving questions yang sudah diberikan.

Satu jam sudah berlalu. Rupanya, waktu untuk berdiskusi masing-masing kelompok sudah habis. Sekarang, saatnya tiap kelompok menyampaikan perkembangan dan rencana diskusi untuk besok. Usai semua kelompok menyampaikan perkembangannya, kelas mulai aktif.

Siswa membicarakan aplikasi yang dapat membantu dalam pembuatan podcast dan poster. Memang, dalam membuat podcast tentu tidak mudah. Karena selain harus menyiapkan naskah, juga harus diikuti skill berbicara dan diperlukan latihan yang tekun. Permasalahan utamanya, yaitu mengenai aplikasi. Di masa pandemi, mengutamakan kita untuk mampu beradaptasi di kehidupan baru dan mengikuti perkembangan teknologi. Ini juga merupakan salah satu tujuan dilaksanakannya PjBL, yakni untuk membuat siswa mengeksplor hal yang lebih dibandingkan hanya membaca buku, menghafal, maupun berhitung. Penerapan.

Koordinasi PjBL di kelas 9A hari ini berlalu dengan baik. Adanya komunikasi dalam kelas membuat hubungan di Consta (Community of Nine A, sebutan untuk warga kelas 9A) semakin erat, meskipun didalamnya terdapat beberapa kelompok-kelompok kecil untuk PjBL. Semoga kegiatan PjBL ini mampu mengambangkan kepribadian siswa, tidak hanya pada bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi, namun juga karakter dan diwujudnyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Semangat Consta!  (Birgitta/9A)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment